Ads 468x60px

Senin, September 24

Penyakit Darah Tinggi

sumber dari google.com

Makanan Pantangan Darah Tinggi



Penyakit darah tinggi atau hipertensi disebabkan karena gaya hidp yang kita jalani dan jenis asupan makanan yag sering kita makan. Sebaiknya kita mengetahui dari awal apa penyebab dari penyakit darah tinggi. Tapi bagi orang yang sudah terlanjur menderita penyakit darah tinggi lebih baik menghindari pantangan makanan darah tinggi dan membatasi makanan yang mengandung sodium (Na) yang banyak terdapat pada garam. Dengan begitu dapat membantu penyembuhan secara perlahan bagi penderita darah tinggi.

Susu :
Merupakan sumber kalsium, tetapi tinggi lemak. Dalam segelas susu terkandung 8 gram lemak dan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh tak baik bagi pengidap liver dan berbahaya bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Acar :


Makanan ini memang rendah kalori yang baik untuk tubuh, tetapi memiliki kandungan sodium yang tinggi, 1 buah acar mentimun bisa mengandung 570 mg sodium. Hal itu setara dengan sepertiga dari jumlah maksimumsodium perhari (2300 mg).



Kentang goreng :

Meski beberapa restoran menggoreng dengan minyak yang bebas lemak trans, kandungan lemak dan sodiumnya masih tinggi. Penyajian kentang goreng ukuran sedang mengandung 270 mg sodium dan 19 gram lemak.




Daging asap :

Tiga potong daging asap mengandung 270 mg sodium dan 4.5 gram lemak Daging burung bisa menjadi alternatif ketimbang daging asap.







Donat :

Cukup sebuah donat sudah bisa menghasilkan 200 kalori dengan 12 gram lemak.






Mie instan :

Mudah untuk membuatnya dan rasanya nikmat. Tetapi sebungkus mie instan mengandung 14 gram lemak dan 1,580 sodium.






Margarin :

Bagi orang dengan tekanan darah tinggi, mereka harus memastikan bahwa margarin tak mengandung lemak jenuh, bacalah kemasannya guna memastikannya.




Gula :

Yang berarti disini adalah makanan dengan kalori ekstra dan gula. contohnya adalah cookies dan coklat batangan. keduanya dapat menyebabkan obesitas. Makanan-makanan ini bisa berpotensi mengidap tekanan darah tinggi. Kelebihan berat badan membuat banyak sumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah.



Daging merah :

Komposisi dari sebuah diet yang menyehatkan harus menyertakan lemak jenuh yang rendah. Bagi orang dengan tekanan darah tinggi hindari daging merah.



Alkohol :

Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, alkohol juga merusak dinding pembuluh darah.







Berikut cara sederhana dan alami yang bisa anda lakukan untuk atasi darah tinggi :

1. Jalan kaki
Pasien hipertensi dianjurkan untuk berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit. Akan lebih baik jika saat berjalan juga membawa sedikit beban seperti dumbell. Berjalan kaki dan olahraga membantu jantung menggunakan oksigen secara efisien, sehingga tidak bekerja keras untuk memompa darah.
2. Tarik nafas perlahan
Usahakan untuk nafas secara perlahan, tidak tersengal-sengal dan lebih teratur. Anda bisa berlatih yoga, atau tai chi agar nafas lebih teratur. Saat pagi dan sore hari, selama lima menit tarik nafas secara dalam dan buang secara perlahan. Hal tersebut bisa menurunkan renin, yaitu enzim pada ginjal yang bisa meningkatkan tekanan darah.
3. Konsumsi makanan kaya potasium
Menurut Linda Van Horn, PhD, profesor dari Northwestern University Feinberg School of Medical, Amerika Serikat, mengonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium tinggi dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Usahakan untuk mengonsumsi potasium 2000 hingga 4000 mg per hari. Makanan yang mengandung potasium tinggi antara lain kentang, tomat, pisang, kacang polong dan jeruk.
4. Batasi konsumsi sodium
Beberapa orang sangat sensitif ketika mengonsumsi garam atau sodium. Konsumsi garam yang berlebihan bisa memicu darah tinggi. Konsumsi garam atau sodium per hari sebaiknya tidak lebih dari  1.500 mg (takaran setengah sendok teh mengandung 1200 mg garam). Jadi kurangi konsumsi garam, agar tekanan darah tetap stabil.
5. Konsumsi cokelat hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung flavanol yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis. Sebuah penelitian menunjukkan pasien yang mengonsumsi coklat hitam 0,5 ons setiap hari, tekanan darahnya menurun cukup signifikan.
6. Minum teh
Teh terkenal sebagai antioksidan yang efektif, selain itu teh juga dapat mengurangi resiko hipertensi ataupun stroke. Pengkonsumsian teh secara teratur dan seimbang dapat menjaga pola hidup sehat.
7. Konsumsi makanan kaya kalium
Mineral ini dapat meminimalkan efek natrium, membantu untuk mengontrol tekanan darah. Sumber kalium meliputi pisang, blewah, melon, jamur, jus jeruk, kacang polong, plum, kismis, kentang manis, dan tomat, serta susu bebas lemak.
8. Makan pisang
Buah yang sering dikonsumsi untuk mengatasi hipertensi adalah pisang. Secara umum kandungan gizi yang terkandung dalam setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut: kalori 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 1,7 gram, kalsium 8 gram, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg serta vitamin A 44 RE, Vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram. Kandungan buah pisang di atas dianggap cukup baik untuk mengatasi hipertensi.
9. Konsumsi sayur-sayuran
Sebagaimana buah-buahan, sayuran juga banyak mengandung vitamin dan phytochemical serta serat. Sayur yang dapat digunakan untuk pencegahan hipertensi ini seperti seledri, bawang dan sayur hijau lainnya. Bawang putih misalnya mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan kolesterol, berkat adanya senyawa yang disebut ajone, yaitu senyawa yang selain penurun hipertensi juga sebagai pencegah pengumpalan darah.
Orang China sudah lama menggunakan jus seledri untuk tekanan darah tinggi. Minum jus seledri 2-3 gelas perhari dapat mencegah tekanan darah tinggi atau mengembalikan tekanan darah ke level normal. Sebagai tambahan, seledri juga bagus untuk orang dengan penyakit asam urat.
10. Konsumsi kedelai
Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa diet kaya kedelai menurunkan tekanan darah hingga 10%. Pada wanita di penelitian tersebut diketahui, tekanan darah atas mereka (sistolik) menurun sebesar 10% dan bawah (diastolik) sebesar 7%. Pada wanita dengan tekanan darah normal, penurunan terjadi sebesar 5% sistolik dan 3% diastolik.
Bila anda menderita hipertensi, mengganti sumber protein hewani dengan makanan berbasis kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai dapat membantu anda mengelola tekanan darah.



Banyak orang yang salah mengartikan bahwa hanya karena sayuran tersebut warna putih maka dianggap tidak memiliki zat pigmen. Makanan ini tetap memiliki zat pigmen yang berwarna putih. Biasanya, sayuran yang berwarna putih mengandung anthoxanthins, sebuah senyawa kimia yang dapat membuat jantung Anda sehat dengan cara menurunkan kolesterol dan tekanan darah Anda.
1. Jamur
Jamur merupakan sayuran dengan harga yang cukup mahal, namun paling bergizi. Jamur merupakan sumber kalium yang ampuh untuk melawan kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa jamur bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih. Selain itu, jamur juga sangat baik melawan infeksi, menurunkan berat badan, atasi flu dan lawan radikal bebas.
2. Kentang dan Pisang
Keduanya merupakan sumber yang amat baik untuk mendapatkan energi (karbohidrat) dan kaya akan kalium. Kentang dan pisang juga mampu meringankan migren dan sakit kepala akibat stres.
3. Bawang putih
Bawang putih ternyata anti bakteri, anti jamur, anti peradangan dan anti beberapa jenis penyakit akibat kuman. Mengonsumsi bawang putih juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung secara alami.
4. Kembang kol/kol
Sayuran dari keluarga cruciferous merupakan makanan yang baik yang akan memberikan serat dan vitamin dasar namun rendah kalori. Kol juga memberikan dampak baik bagi kesehatan, seperi anti kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat, mengobati penyakit kulit, membantu kesehatan pencernaan, membersihkan pengaruh alkohol dalam darah dan mengurangi risiko terkena penyakit katarak.
5. Lobak
Sayuran ini merupakan sepupu dari wortel. Lobak mengandung banyak vitamin C. Lobak juga diketahui mengandung enzim diatase yang tinggi untuk membantu melancarkan pencernaan dan menghalangi penumpukan lemak dalam jaringan tubuh.
6. Tauge
Tauge dapat meningkatkan kesuburan karena menjadi sumber vitamin E. Tauge kedelai mengandung lebih banyak energi, protein dan lemak dibandingkan tauge kacang hijau. Kecambah kedelai juga berkhasiat menurunkan hipertensi karena adanya peptida dalam tauge yang bersifat sebagai penghambat kerja angiotensin I converting enzyme (ACE).

Cara mencegah darah tinggi :
  • Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
  • Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
  • Makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.
  • Jalankan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
  • Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Kendalikan kadar kolesterol Anda.
  • Kendalikan diabetes Anda.
  • Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan ke dokter jika Anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

Pengobatan darah tinggi

Sumber dari google.com

solusi terbaik bagi  anda yang punya keluhan penyakit darah tinggi kali ini sudah ada terobbosan untuk pengobatan darah tinggi  yaitu dengan obat tradisional  darah tinggi Xamthone plus yang aman di minum tanpa efek samping mengobati darah tinggi secara alami .
solusi  terbaik  ini adalah bahwa tekanan darah tinggi adalah sesuatu yang bisa di cegah. Saya yakin Anda pernah mendengar semua itu sebelumnya, tapi diet dan latihan, seperti biasa, memainkan peran kunci dalam mendapatkan tubuh Anda kembali ke jalur  sehat. Seperti yang saya sebutkan di atas, ada obat untuk tekanan darah tinggi itu, meskipun efektif, tidak dapat ditoleransi oleh kebanyakan orang karena ada efek samping.Menurut pendapat saya, pengobatan darah tinggi yang paling tepat adalah dengan obat alami juice manggis xamthone plus
Senyawa aktif dalam Manggis, xanthones, adalah alam antiperadangan dan memiliki sifat anti-mikroba. Mereka bertindak untuk memperkuat dinding pembuluh darah serta menurunkan peradangan apapun yang mungkin ada (yang akan membuat tekanan darah tinggi lebih buruk). Selain itu, xanthones memberikan perlindungan total kedalam tubuh.Maksud saya xamthone plus mendukung sistem kekebalan, sistem endokrin, dan saluran pencernaan. Semua itu berarti Anda akan mulai merasa lebih baik, memiliki lebih banyak energi, dan tekanan darah rendah.
Sementara obat darah tinggi yang asli dari kulit Manggis ini, menurut saya, penting untuk menyingkirkan tekanan darah tinggi ada juga komponen mental untuk mempertimbangkan. Stres adalah salah satu faktor utama dalam gangguan ini dan sebaiknya dihindari sebisa mungkin.
Salah satu manfaat yang paling penting juice manggis xamthone plus untuk kesehatan  adalah adalah menjelajah seluruh tubuh, menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya selain itu juga xamthone plus efeknya pada sistem kardiovaskular.Hal ini diyakini efektif dalam mencegah penyakit, seperti, arthritis , kanker, osteoporosis, tekanan darah tinggi, atherosclerosis, batu ginjal , katarak, glaukoma, Alzheimer, neuralgia,Juga dikatakan bahwa buah ini dapat efektif dalam mengobati depresi , penuaan , kegemukan, kulit penyakit, alergi, borok, diare, demam, sakit,

Penyakit darah tinggi adalah faktor utama menyebabkan seseorang terkena penyakit stroke.
Diperkirakan sekitar 15 juta orang di seluruh dunia mengalami stroke setiap tahunnya. Stroke adalah gangguan fungsi otak karena terganggunya suplai darah ke otak. Jika aliran darah terhambat lebih dari beberapa detik, sel-sel otak di daerah yang tidak teraliri akan rusak secara permanen, bahkan dapat menimbulkan kematian.
Ada beberapa faktor risiko stroke yang sudah sangat dikenal, yang sebetulnya dapat dicegah dan ditangani, yaitu diabetes mellitus, kurang berolahraga, kolesterol tinggi, hipertensi, merokok dan obesitas.
Dalam studi terbaru yang dilakukan di Belanda dan dipublikasikan jurnal Stroke, ditemukan faktor-faktor risiko lain dari stroke akibat ruptur aneurisma. Aneurisma yaitu timbulnya gelembung pada selaput jala di pembuluh otak. Kondisi ini sangat sulit dideteksi. Gelembung yang mengalami pembesaran ini bisa pecah dan menimbulkan stroke.
Faktor risiko aneurisma tersebut menurut peneliti adalah kebiasaan minum kopi, olahraga berlebihan, meniup hidung, seks, mengejan keras saat BAB, minum softdrink, terkejut dan marah.
Kesimpulan tersebut didapatkan berdasarkan penelitian terhadap 250 pasien selama tiga tahun untuk mengetahui pemicu pecahnya pembuluh darah di otak.
Minum kopi, meski hanya meningkatkan 1,7 persen risiko, namun dibandingkan faktor risiko lain angka tersebut cukup tinggi. Stroke yang dipicu oleh kebiasaan ngopi ini bertanggung jawab pada 2,7 persen kasus stroke.
Dr.Monique Vlak, ahli saraf dan ketua peneliti mengatakan, 1 dari 50 orang memiliki aneurisma otak tetapi hanya sedikit yang sampai pecah.
“Mengurangi konsumsi kopi atau mengobati konstipasi bisa menurunkan risiko perdarahan di otak akibat pecahnya gelembung di otak,” katanya.
Perlu diketahui juga, penelitian yang dilakukan Vlak ini hanya meneliti pemicu pecahnya gelembung aneurisma. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab terbesar lemahnya pembuluh darah dan bisa dipicu oleh kegemukan, kebiasaan merokok dan kurang berolahraga.
Dr.Sharlin Ahmed, dari The Stroke Association mengatakan tekanan yang besar akibat hipertensi dapat meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah pada aneurisma. Akan tetapi, menurutnya sangat sulit mengetahui pemicu stroke.

Semoga bermanfaat ,,,  dan semoga penyakit itu tidak pernah datang kepada para pembaca blog ini, kalau pun sudah terlanjur ...  ya  .. saya doakan semoga lekas sembuh TOTAL ...  AMIN ....

Tidak ada komentar: